Kemnaker Dorong SP/SB Wujudkan Hubungan Industrial yang Harmonis

107
SHARE
photo1
haiyani1456911803

Dalam rangka mewujudkan hubungan industrial yang kondusif dan harmonis, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam hal ini Direktorat Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Ditjen PHI dan Jamsos) terus mendorong partisipasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh dalam upaya mewujudkan hubungan industrial yang harmonis melalui forum Silaturrahmi dan dengar pedapat bersama perwakilan konferderasi, ferderasi, SP/SB merupakan bukti dari komitmen pemerintah. Penyelesaian dalam persolan hubungan industrial harus menjadi kewajiban bersama bagi kita untuk mencari solusi yang efektif dan efisien," ujar Direktur Jenderal PHI dan Jamsos Haiyani Rumondang di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Untuk itu, lanjut Dirjen PHI dan Jamsos, silaturahmi dan dengar pendapat bersama perwkilan SP/SB merupakan langkah positif untuk menemukan solusi dalam hubungan industrial yang efektif dan efisien.Hal ini merupakan langkah awal dalam dialog yang terbuka dalam membahas hubungan industrial. 

"Tujuan kita bersama adalah bagaimana SP/SB ini dapat bersinergi dengan pemerintah dalam membrikan manfaat yang besar untuk kemajuan bangsa dan negara. Masukan SP/SB ini menjadi penting sebagai aspirasi untuk menciptakan kerangka kebijakan hubungan industrial yang efektif dan efisien," papar Haiyani.

Menurutnya, jika ada rekomendasi dari SP/SP yang berada diluar kewenangan Ditjen PHI dan Jamsos, pihaknya siap mensinergikan dengan direktorat terkait lainnya, mengingat hubungan industrial mencakup persoalan ketenagakerjaan secara umum. 

"Sebab peningkatan dunia ketenagakerjaan para pekerja pada saat ini menjadi penting. Keterampilan, kompetensi, dan lain sebagainya," pungkas Haiyani.